Review HT Baofeng GT-3TP Mark 3.

Sebuah andalan HT/Handy Transceiver merk Cina yang meramaikan pasaran radio komunikasi di tanah air salah satunya adalah Handy Transceiver Baofeng GT-3TP Mark 3 yang sangat laris manis dipasaran.

Dan tentu saja kita sebagai pengguna frekuensi tidak ada salahnya kita memiliki radio si kecil mungil ini untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan anggota RAPI.

Tentunya kelebihan maupun kekurangan Baofeng GT-3TP Mark 3 ini akan kita bahas dalam kesempatan kali ini.Yang namanya sebuah produk tentunya tak lepas dari kekurangan,bahkan kalau berbicara tentang kelebihan tentu semua orang akan berbicara dengan berbagai versi.

Namun dalam kesempatan kali ini admin akan membahas kekurangan dan kelebihan Baofeng GT-3TP Mark 3 secara standar menurut spesifikasi yang dibawa oleh radio Baofeng GT Mark 3 ini.

Spesifikasi sekaligus kelebihan Radio Baofeng GT-3TP Mark 3.

  1. RF Power atau keluaran power dari radio Baofeng GT-3TP Mark 3 ini adalah 1/ maksimal High adalah 4 watt.Tentu untuk seukuran Handy Transceiver ukuran kecil power maksimal 4 watt adalah salah satu kelebihan yang patut kita hargai.
  2. Fitur penerima radio FM komersial. Untuk HT keluaran Cina memang sudah tak asing lagi bahwa radio tersebut di sematkan fitur penerima radio FM komersial dengan Band FM 65 Mhz-108 Mhz.
  3. Frekuensi transmitter dan receiver sangat lebar dengan fasilitas dual Band yaitu UHF dan VHF. UHF 400-520 MHz (TX/RX).Dan VHF 136-175 MHz.
  4. Dilengkapi dengan dual display frekuensi.Dilayar tampil dua display bisa dikombinasikan VHF dan juga band UHF.Ditambah dengan display yang sangat lebar ya gan…hehe.
  5. Dilengkapi dengan Flash senter.
  6. Radio Baofeng ini di klaim tahan air,tahan cuaca lembab dan tahan banting,namun tentu itu terkandung kondisi kalau kehujanan sebentar mungkin tidak apa-apa,tapi kalau tenggelam entahlah,silahkan kalau yang sudah mengalami bisa berkomentar dibawah ini.
  7. Radio Baofeng ini dilengkapi dengan fitur baterai saver untuk menghemat baterai ketika kita kelupaan dalam mematikannya.
  8. Bentuk nya yang kecil dan kokoh sangat enak di gemgam dan cocok untuk kegiatan outdoor anda misalnya touring,kemping dan lain sebagainya.

Kekurangan radio Baofeng GT-3TP Mark 3 bisa dikatakan sedikit diantaranya :

  1. Power masih minim dibandingkan dengan produk lainnya yang populer dipasaran,ini bisa dimaklumi mengingat harga Baofeng GT-3TP Mark 3 adalah hanya berkisar 650 sampai 850 ribu rupiah.
  2. Baterai kalau sudah melemah memang sedikit sulit didapat untuk saat ini,mungkin kedepannya akan banyak tersedia.

Tips bagi pengguna radio HT Baofeng GT-3TP Mark 3 khususnya umumnya untuk radio HT merk lainnya :

  1. Jangan menggunakan antena external atau antena luar.Gunakan stik antena bawaan karena ini bukan radio duduk atau RIG.
  2. Selalu gunakan charger original jangan di todong pakai kabel langsung ke baterai.
  3. Charger HT Baofeng GT-3TP Mark 3 jangan sampai kehabisan sampai tegangan terminim.
  4. Walaupun di klaim tahan cuaca,namun hindarilah terkena air hujan,jatuh dan lain-lainnya.

Baca juga disini :

Radio HT Baofeng GT-3TP Mark 3 ini bisa digunakan berkomunikasi dengan radio merk lain karena frekuensi nya sangat lebar dan juga bisa di setting disesuaikan dan di program dengan radio Channel List seperti radio Channel List Baofeng BF-888S,Motorola Channel List dan kita bisa program Baofeng channel list menggunakan software serta kabel data khusus Baofeng yang tersedia dipasaran dengan harga berkisar 75 ribu rupiah.

Sebagai Anggota RAPI Lokal 08 yang dengan kemampuan seadanya bersama rekan anggota yang lain memajukan Organisasi Lokal 08 Garut Selatan pada khususnya,dan Organisasi RAPI Nasional pada umumnya. Salam RAPI 51-55 bagi semua rekan rekan pembaca ,semoga tali silaturahmi makin terjalin erat antar sesama anggota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: